Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pawai Mobil Hias, Antarkan Balai Sampurub Jata ke Sungai Mentaya

  • Oleh Naco
  • 14 Desember 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah mobil hias meramaikan kegiatan mamapas lewu dan mampakanan sahur, yang puncak acaranya digelar Kamis (14/12/2017) di kawasan Taman Miniatur Budaya, Jalan Karang Taruna Sampit, Kabupaten Kotim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotim, Fajrurrahman mengatakan, pawai ini diikui oleh sejumlah SOPD di lingkungan Pemkab Kotim. Kegiatan ini merupakan salah satu ageda dari Mamapas Lewu dan Mampanaka Sahur ini.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Pungkal mengatakan, acara pawai ini merupakan kegiatan mengantar Balai Sampurub Jata ke Sungai Mentaya. Pengantaran itu dilakukan dengan iring-iringan mobil yang sudah dihias dengan ornamen khas Dayak.

"Ini merupakan agenda terakhir, setelah mengantar Balai Sampurub Jata ini langsung bubar, acara Mamapas Lewu dan Mampakanan Sahur selesai," kata Ketua Majalis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kotim.

Menurut Pungkal, acara Mamapas Lewu dan Mampakanan Sahur sudah mulai dilaksanakan pada Rabu (13/12/2017). Kegiatan itu dipimpin oleh seorang fisor dari Desa Parit Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotim yang dilaksanakan sampai Kamis dini hari.

Acara yang dipusatkan di Taman Miniatur Budaya ini menurut Pungkal berjalan lancar. Di acara puncak ini, selain pawai tamu undangan yang hadir akan menganjam (menari) bersama mengelilingi tiga buah keramat yang posisinya terletak di tengah Taman Miniatur tersebut. (NACO/B-2)

Berita Terbaru