Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantap! Desa Terisolasi di Seruyan Ini Bangun Pembangkit Listrik Sumberdaya Air dari Dana Desa

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 20 Februari 2018 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sebagai salah satu desa di pelosok Kabupaten Seruyan yang masih terisolasi dari akses listrik, pihak Desa Tumbang Sepan, Seruyan Hulu, membangun sebuah pembangkit listrik memanfaatkan sumberdaya alam berupa air sungai.

"Kita membangun sendiri Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) pada 2017 kemarin dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) yang kita miliki," kata Kepala Desa Tumbang Sepan Jamaludin, di Kuala Pembuang, belum lama ini.

Jamal mengatakan, pembangunan PLTMH bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik di desanya.

Bermodalkan keyakinan, pengetahuan, dan sumber daya alam yakni air dan pendanaan serta dukungan dari warga akhirnya salah satu kebutuhan utama dapat terpenuhi dengan mandiri.

"Ini adalah salah satu harapan yang harus kita wujudkan bersama," katanya.

Dalam perjalanannya, PLTMH Tumbang Sepan menghabiskan anggaran dari dana desa Rp800 juta, baik untuk pembangunan dan perawatannya.

Pada tahap awal anggaran yang digelotorkan berjumlah Rp500 juta dan selanjutnya Rp300 juta.

Gagasan pembangunan PLTMH sendiri sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya di Desa Tumbang Setawai Kecamatan Seruyan Hulu, berawal dari pengetahuan ketika mempelajari pembangunan pembangkit listrik sejenis ini namun dengan menggunakan metode yang sederhana serta perlatan yang seadanya.

"Setelah pindah ke Desa Tumbang Sepan, kita coba bangun dengan skala yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan listrik di desa," kata mantan Kepala Desa Tumbang Setawai tersebut.

Secara kapasitas daya, tambahnya, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Tapi dengan pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran sungai itu minimal sudah cukup untuk menerangi rumah warga di sana.

"PLTMH ini masih banyak pembenahan, sambil kita pasang alat baru berupa panel box air. Diharapkan tahun ini sudah bisa kita maksimalkan," katanya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru