Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perayaan Cap Go Meh, Ritual Masyarakat Tionghoa untuk Kehidupan yang Lebih Baik

  • Oleh Norhasanah
  • 02 Maret 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Sukamara Acun berharap, melalui perayaan Cap Go Meh kehidupan masyarakat Kabupaten Sukamara bisa lebih baik lagi.

"Harapan kita pada tahun ini kehidupan masyarakat di Kabupaten Sukamara lebih baik lagi,"ucap Acun, Jumat (2/3/2018).

Sementara salah satu tokoh Agama Tionghoa Jaf Quit Fin, mengatakan, perayaan Cap Go Meh dilaksanakan pada hari ke 15 setelah tahun baru Imlek. Cap Go Meh merupakan ritual yang dilakukan sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan kebaikan di tahun mendatang.

"Setiap pemeluk agama memiliki bentuk dan cara masing-masing dalam melakukan permohonan, tetapi keinginannya sama yakni mohon kebaikan dan keselamatan," kata Jaf Quit Fin.

Menurut warga Tionghoa yang akrab disapa Acek Afin, perayaan Cap Go Meh wajib dilaksanakan setiap tahun tanpa terputus meskipun perayaan tidak digelar dengan meriah.

"Kalau tahun kemarin Cap Go Meh dilaksanakan maka tahun ini wajib dilaksanakan karena perayaan ini juga sebagai bentuk keikhlasan umat dalam menjalankan kepercayaan sehingga pihaknya selalu berusaha untuk terus merayakan perayaan Cap Go Meh ini," ujar Acek Afin. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru