Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpolair Kapuas Peduli Pendidikan dengan Dirikan Pondok Baca Mini

  • 08 Maret 2018 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Satuan Polisi Air Polres Kapuas tidak hanya bertanggung jawab menjaga keamanan kawasan perairan. Tetapi turut andil mencerdaskan masyarakat.

Seperti yang mereka lakukan di Desa Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung. Di daerah itu, Satuan Polisi Air mendirikan pondok baca mini untuk anak-anak.

Anggota Satpolair Polres Kapuas Brigadir Lutranis Larongge mewakili kepala satuan, mengatakan bahwa pembangunan pondok baca mini itu sebagai bentuk kepedulian Polri sekaligus melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui dunia pendidikan.

"Kita ingin menyatu dan berbaur dengan masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan. Salah satunya dengan berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat bahwa dengan membaca kita bisa mengetahui dunia luar. Karena buku adalah jendela dunia. Biasanya sekitar 25 orang berkunjung ke sini dari pukul 16.00-18:00 WIB. Bahkan ada yang datang lagi sampai batas pukul 20.00,"kata Brigadir Lutranis saat dihubungi via telepon, Kamis (8/3/2018).

Ia mengungkapkan, pondok baca mini itu didirikan berlatar belakang kondisi ekonomi masyarakat Desa Palingkau Lama yang masih banyak berstatus ekonomi lemah.

Karenanya, supaya anak-anak di desa itu bisa leluasa belajar dan membaca setiap hari, maka didirikanlah pondok baca mini.

Ia menegaskan, Polri harus profesional, modern, dan terpercaya (promoter). Oleh sebab itu, harus berbaur dengan masyarakat dan menjadi bagian dari kehidupan mereka. Melalui pondok baca mini itu ada hubungan sinergi dan seligus selaturahim antara masyarakat dan anggota Polri.

"Jangan sampai ada kesan bahawa Polri antipati dengan masyarakat. Tetapi dengan kehadiran Polri memberikan rasa aman dan wawasan gemar membaca bagi generasi muda. Sehingga terhindar dari paham radikalisme dan memberikan sesuatu yang positif bagi mereka," ungkapnya. (NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru