Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelar Kehormatan Adat Dayak Kapolres Kotim Berpindah ke Pejabat Baru

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 April 2018 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bergantinya jabatan Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) berpindah pula gelar kehormatan adat Dayak yang sebelumnya diemban AKBP Muchtar Supiandi Siregar kepada AKBP Mohammad Rommel.

Perpindahan gelar kehormatan ini dipimpin Ketua Harian DAD Kotim, Untung di halaman Polda Kalteng seusai serahterima jabatan dari kapolres lama ke yang baru.

AKBP Muchtar berpindah menjadi Wadir Krimum Polda Sumatera Barat, sedangkan AKBP Mohammad Rommel sebelumnya sebagai Kepala Bagian Pengendalian Personil (Kabagdalpers) Biro SDM Polda Banten.

Untung mengatakan pemberian gelar kehormatan itu bernama "Mantir Hai Panambahan Pagar Lewu Mandereh Danum".

"Maksudnya beliau sebagai kapolres merupakan bagian dari masyarakat adat Dayak terutama di Kotim dan beliau kita anggap mampu menjaga, mengayomi masyarakat adat Dayak di Kotim," katanya.

"Kedua, beliau dapat bekerjasama dengan kita dengan baik dan kita sebagai tokoh adat, damang, mantir, dan DAD di Kotim menyambut beliau sebagai kapolres baru dan sebagai tokoh masyarakat adat," imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat pasti terayomi dengan kehadiran kapolres. Kemudian apabila ada suatu masalah di tengah masyarakat dan masuk kriteria adat, dia berharap dapat diselesaikan dengan hukum adat yang berlaku. "Kecuali tindak pidana yang kejadiannya luar biasa," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru