Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

138 Jemaah Calon Haji Asal Kobar Dijadwalkan Berangkat Pada 2 Agustus 2018

  • Oleh Masrohan
  • 29 Juni 2018 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Sebanyak 138 jemaah calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Barat  (Kobar) akan diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi pada 2 Agustus 2018.

Informasi mengenai jadwal keberangkatan haji itu disampaikan Hadriannur, panitia penyelenggara manasik haji yang juga Bagian Penyelengara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kobar, Jumat (29/6/2018).

Ia menuturkan, seorang dari 18 jemaah calon haji itu berstatus menggantikan orang tuanya yang meninggal dunia. Saat ini proses administrasi pemberangkatannya sudah hampir selesai selesai.

Disampaikannya pula, dari jumlah tersebut sudah termasuk dua orang cadangan. Adanya calon jemaah cadangan itu disebabkan ada dua calon jemaah haji Kalimantan Tengah yang membatalkan keberangkatan mereka. Sehingga daftar tunggu yang berada di nomor urut  berikutnya masuk daftar untuk diberangkatkan pada tahun ini.

Tentang pelaksanaan manasik haji, jemaah calon haji Kobar sudah diberikan bimbingan oleh petugas dari Kementerian Agama, baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Namun kepada calon jemaah yang masih memerlukan tambahan pengetahuan tidak dilarang untuk mencari bimbingan di tempat lain, tetapi juga tidak menganjurtkan.

“Yang pasti kewajiban pemerintah untuk membibing sudah dilaksanakan. Kalau ada yang mau menambah ya kami tidak bisa melarang dan tidak mewajibkan,” tegas Hadriannur saat memberikan materi manasik haji di Masjid Agung Riyadlus Sholihin, Pangkalan Bun.

Kementrian Agama telah melaksanakan bimbingan haji selama 10 hari. Materi bimbingan terdiri dari teori selama dua hari, dilanjutkan bimbingan kelompok selama delapan hari dan akan dilanjutkan bimbingan praktik tawaf dan sai selama dua hari.

Calon jemaah haji Kobar pada tahun ini ada yang telah berumur 75 tahun. Mereka merupakan pasangan suamu-istri. Sedangkan umur termuda satu orang berusia 30 tahun.

Disampaikan Hadirannur pula, rute keberangkatan calon jemaah haji Kobar yakni dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun menuju Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya kemudian menuju Bandara Syamsuddinnor Banjarbaru untuk diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Berita Terbaru