Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Harga Semen Naik dan Stok Kosong

  • Oleh Naco
  • 31 Juli 2018 - 00:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada beberapa permasalahan yang menyebabkan material bangunan semen kosong, dan harganya mengalami peningkatan. Kondisi itu ternyata berlangsung sejak beberapa pekan terakhir.

Menurut salah seorang pengusaha toko bangunan, penaikan dan kekosongan itu terjadi akibat berkurangnya pasokan semen dari Pulau Jawa.

"Ada saja semen itu, tapi pasokannya tidak sebanyak biasanya. Kalau kita beli di toko besar mereka minta cash, tidak mau ngutang seperti biasa," kata salah seorang pengusaha toko bangunan di Sampit, Senin (30/7/2018).

Akibatnya, banyak toko bangunan kecil tidak mampu membeli. Dan terjadinya kekosongan semen di sejumlah toko dan berpengaruh terhadap harga.

Sebelumnya harga semen di sejumlah toko bangunan berkisar Rp 47 - 48 ribu per sak. Saat ini, harganya naik menjadi Rp 50 - 52 ribu per sak.

Kondisi ini juga dikeluhkan warga yang membutuhkan semen. Bahkan kekosongan dan kenaikan harga itu terjadi sudah beberapa pekan terakhir ini.

"Kalau kata pemilik toko bangunan semen kosong makanya mahal. Itu akibat gelombang besar, makanya pasokan berkurang," kata Abdul, salah satu tukang bangunan.(NACO/B-11)

Berita Terbaru