Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daratan Muncul di Tengah Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 September 2018 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kondisi Sungai Katingan semakin surut dari hari ke hari. Bahkan, daratan tampak muncul di tengah sungai kebanggan itu. Hal itu dipengaruhi tidak turunnya hujan sejak beberapa waktu terakhir.

Kondisi ini dikeluhkan sejumlah petani keramba ikan. Sebab, kualitas air sungai saat surut cenderung makin keruh. Hal itu rawan menyebabkan kematian ikan.

"Sudah sebulan lebih kondisi Sungai Katingan tidak bersahabat. Sempat pasang saat hujan turun. Tapi sekarang surut lagi," kata Celang, pemilik keramba ikan di sekitar Jembatan Sei Katingan.

Celang memiliki lebih dari 15 keramba ikan, dengan tiap keramba diisi 10 ribu bibit ikan. Saat ini keramba sudah dipanen dan dikosongkan, sambil menunggu kondisi sungai kembali normal.

Surutnya air Sungai Katingan ini juga mengganggu proses sumber baku PDAM Katingan. Hal tersebut disampaikan, Direktur PDAM Kasongan, Adiansyah.

"Jika air surut, kami harus menarik pipa lebih dalam agar mendapatkan bahan baku air. Makanya harus kita cek setiap saat," kata Adiansyah.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru