Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepedulian Masyarakat Berdayakan Budaya Lokal Tinggi

  • Oleh Naco
  • 29 Oktober 2018 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun  mengungkapkan, kepedulian masyarakat untuk memberdayakan kebudayaan lokal di daerah ini sangat tinggi. 

Menurutnya, dengan diberdayakan itu mestinya mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Bahkan dia mendorong agar desa yang masih konsisten menyelenggarakan adat istiadat itu diberdayakan pemerintah daerah setempat. 

"Karena dengan begitu, kebudayaan lokal yang menjadi ciri khas dan tetap bertahan dan bahkan sangat memungkinkan desa demikian jadi pusat penelitian hingga pembelajaran," kata Rimbun, Senin (29/10/2018).

 Rimbun mengatakan, desa yang masih konsisten menyelenggarakan itu diusulkan sebagai desa adat. "Jadikan sebagai desa adat, karena mereka masih mempertahankan dari waktu ke waktu untuk urusan budaya daerah," tukasnya.

Menurut dia, sejumlah desa  dengan kondisi  ekonomi  yang sulit masih  bersedia mengembangkan budaya itu. Seperti halnya yang dilaksanakan di Desa Bukit Raya Kecamatan Cempaga Hulu. 

Masyarakat setempat menggelar upacara Mamapas Lewu yang mana memiliki makna sangat dalam bagi keselamatan dan kemaslahatan  penduduk setempat. “Untuk warga di Desa Bukit Raya saya pribadi sangat mengapresiasi atas  kerjasamanya," kata Rimbun.

Rimbun menegaskan pemerintah daerah tidak cukup hanya mengatakan mendukung tetapi tanpa ada kebijakan anggaran sebagai dukungan akan percuma. Karena dukungan itu harus disertai dengan dukungan anggaran dalam kebijakan pemerintah. (NACO/B-2)

Berita Terbaru