Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Desa Rawan Bencana di Gunung Mas Usulkan Relokasi

  • 30 Oktober 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang merupakan desa rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor, mengusulkan untuk direlokasi.

Usulan itu disampaikan ke Kementerian Sosial yang difasilitasi Dinas Sosial Kabupaten Gumas maupun Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gumas Budhy menyampaikan, desa rawan bencana yang mengusulkan relokasi seperti Desa Tewang Pajangan, Desa Tumbang Miwan, Desa Tumbang Hakau, Desa Pilang Munduk dan Desa Tanjung Riu di Kecamatan Kurun. Desa Sere Rangan di Kecamatan Tewah dan masih ada beberapa desa dan kelurahan lainnya.

"Kami berupaya memfasilitasi warga yang tinggal di desa ataupun kelurahan rawan bencana untuk mengusulkan relokasi," ujar Budhy di ruang kerjannya, Selasa (30/10/2018).

Menurut dia, berbagai syarat untuk usulan relokasi dilengkapi oleh warga yang mengusulkan relokasi. Sementara dinas sosial hanya memfasilitasi menyampaikan usulan ke Kementerian Sosial. 

"Di Kabupaten Gunung Mas sudah ada beberapa desa rawan bencana banjir yang direlokasi, seperti Desa Tampelas, Desa Tanjung Karitak, Desa Tumbang Lampahung dan Desa Tumbang Bunut. Selama ini pelaksanaan relokasi cukup baik," terang Budhy. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru