Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keterlibatan Perempuan di Kotim Dibidang Politik Harus Lebih Banyak

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Desember 2018 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Taufiq Mukri ingin kesetaraan gender dibidang politik harus dilakukan. Hal tersebut sebagai salah satu upaya agar keterlibatan perempuan dalam mengemban jabatan tinggi lebih meningkat, baik itu di pemerintahan, legislatif, maupun swasta. 

"Wanita harus berani tampil, dan harus bisa mencapai posisi penting di dalam pekerjaan mereka. Terutama dibidang politik," ujar Taufiq, saat membuka sosialisasi kesetaraan dan keadilan gender pada bidang politik, Senin (3/12/2018). 

Saat ini keterlibatan perempuan dibidang politik memang masih sedikit. Namun saat ini, banyak diantara kaum perempuan yang mulai mencapai posisi penting di dalam pekerjaan meraka. Akan tetapi, bagi wanita yang berpandangan tradisional atau feminim, tetap merasa mereka harus bertanggungjawab terhadap anak, suami, dan urusan rumah tangga, serta urusan keluarga. 

"Memang hal tersebut sudah menjadi tugas seorang perempuan, namun mereka juga harus berani terlibat untuk menjadi seorang politik dan menduduki posisi penting pada pekerjaan mereka," ungkap Taufiq. 

Taufiq juga menjelaskan, kesetaraan gender yang dimaksud adalah kesamaan kondisi laki-laki dan perempuan. Guna memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia. Agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, serta kesamaan dalam pembagian hasil pembangunan tersebut. 

"Sehingga diharapkan peran serta kaum perempuan di Kotim ini, dapat meningkatkan derajat keterwakilan dan perannya di dalam perpolitikan," ungkap Taufiq. 

Dengan adanya sosialisasi tersebut, dirinya sangat berterimakasih kepada panitia yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB). Dengan harapan  wawasan perempuan dan keberanian dalam keterwakilan dibidang politik nantinya dapat lebih meningkat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru