Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Enam Orangutan kembali Dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 12 Maret 2019 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival Foundation) melepasliarkan enam orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, dan Balai TNBBBR.

CEO Yayasan BOSF, Jamartin Sihite menyebut pelepasan ini adalah  pelepasliaran yang ke-15 kalinya di TNBBBR sejak pertama kali dilaksanakan Agustus 2016.

"Pelepasliaran ini juga menjadi yang ke-28 kali diselenggarakan oleh Program Reintroduksi Orangutan Yayasan BOS di Kalteng sejak 2012, dan menambah jumlah orangutan yang dilepasliarkan Yayasan BOS di TNBBBR kawasan Kabupaten Katingan menjadi 120 ekor," ujarnya, Selasa (12/3/2019).

Keenam orangutan ini terdiri dari 3 jantan, Rosidin (20 tahun), Tristan (16), dan Borneo (1), dan 3 betina, yaitu Buntok, induk Borneo (12), Paijah (15), dan Danida (13).

"Mereka akan melangsungkan perjalanan selama sekitar 10-12 jam menempuh jalur darat dan sungai menuju titik-titik pelepasliaran yang telah ditentukan di hutan TNBBBR," lanjutnya.

Di lain pihak, Adib Gunawan, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, mengatakan BKSDA Kalteng terus menjalin kerja sama erat dengan berbagai pihak yang aktif bergerak dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Yayasan BOS yang membantu kami merehabilitasi orangutan korban deforestasi secara teratur melepasliarkan orangutan ke habitat alaminya, yang dengan baik dikelola rekan-rekan kami di Balai TNBBBR. Sejak 2016, kerja sama ini telah berhasil memulangkan ratusan orangutan ke habitatnya," tuturnya. (GAZALI/B-2)

Berita Terbaru