Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelindo II Gandeng Apical Garap Pengolahan CPO 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 14 Maret 2019 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II kini tak hanya memiliki bisnis pengelolaan pelabuhan, tapi sudah masuk ke bisnis komoditas, tepatnya pengolahan minyak sawit mentah (CPO).   

Dengan menggandeng Apical Group, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Teluk Bayur, memasuki bisnis pengolahan CPO di Sumatera Barat (Sumbar) dengan investasi mencapai Rp800 miliar.

"Kami mengembangkan bisnis dari ekspor CPO menjadi pengolahan dan fraksinasi dengan mendirikan pabrik di Teluk Bayur. Lokasinya menggunakan hak pengelolaan lahan milik Pelindo II, sekaligus handling bongkar muat," kata Direktur Utama Apical Group, Bestadrian Prawiro Theng, di Padang, medio pekan ini.

Apical Group telah beroperasi di Teluk Bayur sejak 2008 dalam mengekspor CPO. Ke depan, perusahaan tersebut tidak hanya mengekspor saja, tetapi akan melakukan pengolahan CPO dengan kapasitas lebih besar di Sumbar.

"Target kita pengolahan CPO sebanyak 3500 ton per hari dengan target total per tahun 1,2 juta ton," ujarnya.

Pabrik pengolahan CPO tersebut ditargetkan mulai beroperasi 1,5 tahun dari groundbreaking yang dilakukan secepatnya.

GM Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir, menyebutkan kerjasama tersebut akan membantu target ekspor Pelindo II melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

"Kita ingin perkembangan ekspor di pelabuhan kita dapat melebihi target yang sudah kita canangkan 5 juta ton per tahun untuk ekspor CPO ini. Maka, dengan adanya rencana Apical Group untuk membangun pabrik pengolahan CPO di Sumbar diharapkan akan meningkatkan jumlah ekspor langsung dari Teluk Bayur," ujarnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru