Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalimantan Tengah: Otonomi Daerah Dorong Kemajuan Pembangunan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Mei 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Otonomi daerah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah yang luas melalui pengembangan kreativitas dan inovasi.

Ini disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23, Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di halaman kantor gubernur, Kamis, 2 Mei 2019.

"Maka muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan dan partisipasi aktif masyarakat dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan dan keanekaragaman daerah," katanya.

Gubernur menuturkan setidaknya ada tiga prinsip yang berubah dalam desentralisasi dan otonomi daerah.

Di antaranya, mendorong budaya demokrasi, menumbuhkembangkan iklim partispasi aktif masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih efektif dan efisien.

"Keberhasilan otonomi daerah akan sangat ditentukan kualitas sumberdaya manusia sebagai pelaku utamanya," ungkapnya.

"Maka, suatu keharusan bagi aparatur sipil negara di daerah agar mampu memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah provinsi, kabupaten dan kota," imbuhnya.

Dia menambahkan keberhasilan otonomi daerah akan tergambarkan dari laporan penyelanggaraan pemerintahan daerah atau LPPD dan laporan keterangan penanggungjawaban kepala daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru