Universita PGRI Palangka Raya Seminar Kewirausahaan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Mei 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Universitas PGRI Palangka Raya menggelar Seminar Kewirausahaan bertajuk "Make Your First Stop to be Entrepreneur", Sabtu, 18 Mei 2019.

"Seminar ini dilaksanakan untuk menjadi jawaban atas beberapa masalah. Kita ketahui bersama bahwa ada jeda waktu antara kebutuhan lulusan dengan keluarnya lulusan suatu program studi perguruan tinggi," kata ketua panitia, Asro Laelani Indrayanti kepada Borneonews.

Sebagai contoh, pada satu masa tertentu, pemerintah menyusun kurikulum pendidikan yang disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP yang memerlukan guru untuk bidang studi Teknologi Informasi.

Kebutuhan ini menurutnya kemudian direspon parguruan tinggi dengan membuat Prodi Pendidikan Teknologi Informasi.

Namun jarak waktu antara kebutuhan guru dengan lulusan pertama untuk guru bidang studi tersebut sekitar 4 tahun.

"Dalam kurun waktu 4 tahun tersebut telah terjadi berbagai perubahan dan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan guru bidang studi tersebut. Akibatnya lulusan pertama yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tidak terserap karena kebutuhan tersebut sudah terpenuhi," bebernya.

Sekarang dengan kurikulum baru yakni K13, guru bidang studi Teknologi Informasi tidak diperlukan lagi, sementara program studi Pendidikan Teknologi Informasi tidak ditutup.

"Bisa dibayangkan bahwa alumni Prodi Teknologi Informasi akan kesulitan mencari kerja jika orientasinya masih tetap ingin menjadi guru. Ini hanya salah satu contoh, tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru