Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Budaya Isen Mulang Untuk Lestarikan Kearifan Lokal

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Juni 2019 - 10:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Festival Budaya Isen Mulang akan berlangsung selama enam hari, berakhir Sabtu, 22 Juni 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Guntur Talajan mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dalam festival tersebut adalah pelestarian, pengembang, inovasi kreatifitas bidang kebudayaan, kesenian, kearifan lokal, kuliner Dayak Kalteng, terprogram, terarah, terukur, kontinyu dan universal.

"Hasil ini diharapkan pengunjung, penonton dan wisatawan yang datang ke Palangka Raya, Kalteng dan pendapatan asli daerah dapat meningkat," kata Guntur, Senin 17 Juni 2019 malam sat membuka kegiatan tersebut. Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran beserta istri.

Ia menuturkan, kegiatan festival ini dimulai sejak 1993 yang awalnya hanya ada beberapa lomba. Namun seiring berjalannya waktu terus meningkat dan menjadi event bergengsi di Bumi Tambun Bungai.

Tahun ini, digelar untuk yang ke-26 dengan dimeriahkan berbagai lomba.

Di antaranya, Karnaval Budaya, Putra/Putri Pariwisata, Tari Daerah (Pesisir & Pedalaman), Karungut, Mangenta, Malamang, Masakan Tradisional/Kuliner Kalteng, Mangaruhi dan Maneweng Manetek dan Manyila Kayu.

Kemudian, Sepak Sawut, Jukung Hias, Besei Kambe, Jukung Tradisional, Balogo, Habayang/Bagasing, Manyipet, Lagu Daerah, Lawang Sakepeng, lomba lainnya dan eksebisi lomba balap ces alkon Borneo 2019 (120 kelotok ces/alkon). (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru