Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Sosialisasikan Penanganan Hewan Kurban

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, menyosialisasikan penanganan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Kegiatan sosialisasi bertempat di Aula Hotel Permata Inn, Kuala Kapuas, Senin, 5 Ah\gustus 2019. Sosialisasi dibuka Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Anjono Bakti.

Adapun peserta dalam kegiatan itu sebanyak 50 orang. Mereka berasal dari lembaga, yayasan, masjid, musala, dinas dan instansi terkait, serta sekolah yang akan melaksanakan pemotongan hewan kurban.

"Sosialisasi ini dilaksanakan agar dalam pelaksanaan pemotongan hewan dapat dilakukan dengan benar dan tepat," ujar Kasi Kesmavet P2HP Bidang Peternakan Tati Inderawati.

"Untuk peserta yang kami undang berdasarkan data-data tahun sebelumnya yang sudah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban," lanjutnya.

Dalam sosialisasi itu, dihadirkan empat orang narasumber. Mereka yakni drh Masrifah dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng, M Poteran Sosilo selaku kasi Bimas Islam Kemenag Kapuas, drh Anik Ariswandani dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kapuas, dan drh Susilo dari UPTD RPH Medik Veteriner Muda.

Masrifah menyampaikan materi mengenai kebijakan zonosis penanganan hewan kurban.

Kemudian, M Poteran Sosilo menyampaikan materi tata cara penyembelihan hewan kurban yanh sesuai syariat Islam.

Drh Anik Ariswandani dan drh Susilo menyampaikan tentang kesejahteraan hewan dan penanganan daging. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru