Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotawaringin Timur: Jangan Eksploitasi Bajakah Secara Berlebihan

  • Oleh Naco
  • 27 Agustus 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur dari Fraksi Partai Demokrat, Handoyo J Wibowo meminta agar  tidak ada eksploitasi berlebihan kepada obat tradisional jenis Bajakah.

"Kita tidak ingin Bajakah menjadi punah pasalnya untuk membudidayakan tanaman itu bukan hal yang mudah," kata Handoyo, Selasa, 27 Agustus 2019.

Sejak ditemukannya Bajakah, dia melihat sendiri adanya pengambilan dari alam secara besar-besaran oleh oknum masyarakat.

Hal itu bukan lagi untuk obat, tapi orientasinya diobral dan diburu, ini kekhawatirannya akan jadi punah karena tidak ada kesadaran dari masyarakat untuk menjaganya.

Handoyo menyabutkan oknum yang secara sporadis mengambil tanaman itu tidak memikirkan alam lagi. Prilaku demikian yang selama ini membuat alam menjadi rusak. 

“Bahkan informasinya ada yang membawa obat Bajakah ini keluar daerah dengan jumlah yang besar dan di jual lagi, ini jelas sudah membuat kita orang daerah ini merasa miris," tukasnya.

Lain halnya, kata Handoyo jika pengiriman keluar daerah itu hanya sekadar untuk memenuhi obat bukan dikomersilkan secara brutal maka bisa ditoleransi.

“Makanya kebijakan melarang membawa Bajakah keluar daerah ini membuat  dampak ke mereka yang betul membutuhkan, ini lantaran sikap masyarakat juga yang menjual dengan jumlah begitu banyak dan orientasi bukan untuk menyembuhkan tetapi untuk keuntungan pribadi,“ tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru