Sekda Kalteng Sebut Masih Status Siaga Darurat Karhutla 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 03 September 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri menyebut pihaknya masih menetapkan status siaga darurat Karhutla (kebakaran hutan dan lahan). Apalagi, titik api kembali terpantau dalam jumlah yang banyak. 

"Status masih siaga darurat. Kita juga tetap melakukan patroli," kata sekda, Selasa, 3 September 2019.

Beberapa hari lalu, hujan deras sempat mengguyur Kalteng hingga kabut asap dampak dari Karhutla hilang. Namun, dalam beberapa hari terkahir, kebakaran kembali muncul. Kabut asap juga mulai terasa lagi.

"Makin masif saja. Saya tidak tahu polanya oknum masyarakat seperti apa (melakukan pembakaran)," ungkapnya.

Sekda menuturkan, telah mengeluarkan surat edaran ke masing-masing satuan organisasi perangkat daerah agar menurunkan timnya membantu satuan tugas dalam upaya menanggulangi Karhutla. 

Sekda menyebut titik hotspot juga terpantau di daerah barat bahkan mendekati areal Tanjung Puting. Atas hal ini, helikopter water bombing bergerak ke kawasan setempat demi menyematkan areal dilindungi itu. 

Menurutnya, jika terjadi eskalasi besar dalam musibah itu, tidak menutupkemungkinan pemerintah kembali mengusulkan bantuan helikopter water bombing. Termasuk upaya dalam menurunkan hujan buatan. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru