Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Utara: Desa atau Kelurahan Harus Aktif Kembangkan Perpustakaan

  • Oleh Ramadani
  • 16 September 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengharapkan pengelola perpustakaan desa atau kelurahan bisa berperan aktif dalam mengembangkan perpustakaan.

Hal ini dilakukan karena tidak sedikit warga, termasuk anak didik yang belum memahami perpustakaan bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga belum memanfaatkan fungsi dan peran perpustakaan secara optimal.

“Faktor lain yang menjadi penyebab kurangnya pemanfaatan perpustakaan juga motivasi atau minat baca dari warga dan anak didik masih rendah,” jelasnya saat sosialisasi pengelola perpustakaan, Senin 16 September 2019.

Kondisi ini menurutnya merupakan tantangan bagi pengelola perpustakaan untuk mampu mendorong dan memotivasi minat baca masyarakat, sehingga mereka bisa memanfaatkan perpustakaan secara optimal.

“Untuk itulah melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pengelolaan perpustakaan, sehingga keberadaan perpustakaan desa dan kelurahan mampu berperan dan berkontribusi secara optimal bagi peningkatan pengetahuan dan kecerdasan masyarakat,” terangnya.

Hal ini sesuai fungsi perpustakaan yang mendukung sistem pendidikan nasional sebagaimana diatur dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 21 ayat 1 yang berbunyi pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka pendidikan sepanjang hayat. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru