Pangdam XII/Tanjungpura Kunjungi Kobar Pantau Pelaksanaan Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 September 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, mengunjungi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin, 23 September 2019. Tujuannya memantau secara langsung pelaksanaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Didampingi Bupati Kobar Nurhidayah, Dandim 1014/Pangkalan Bun Letkol Inf  Yudi Rianto Ratu, Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda, rombongan Pangdam langsung mendatangi lokasi pemadaman karhutla yang sekitar 3 km dari pinggir Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama, Km 12, Kelurahan Mendawai Seberang.

Di lokasi tersebut. Pangdam mengatakan bahwa berdasarkan laporan anggotanya di lapangan, tim gabungan sudah hampir 3 bulan berjibaku di kawasan tersebut.

"Dari data tim gabungan penanggulangan karhutla di Kelurahan Mendawai Seberang diketahui sekitar 142 hektare lahan yang terbakar. Sekitar 70 hektare sudah dilakukan penanganan," sebut Pangdam.

Ia melanjutkan, rencananya lahan yang sudah dipadamkan dilakukan pendinginan dengan melakukan teknik penyuntikan gambut menggunakan air.

"Teknik ini bertujuan agar api karhutla yang sudah padam di permukaan dan di dalam gambut tidak muncul dan membakar lahan," jelas Pangdam.

Menurut dia, dari 30  hotspot yang terpantau saat ini sekitar di lokasi yang dikunjunginya, dalam beberapa hari lalu tim gabungan berupaya melakukan pemadaman.

"Target tim hari ini yaitu 19 hotspot yang ada di tempat tersebut. Rencananya selain berupaya melakukan pemadaman karhutla, Kodam XII/Tanjungpura juga bakal membentuk satgas mandiri yang berfungsi untuk melakukan penguatan," tegas Pangdam.

Nantinya tim mandiri itu bakal melakukan penyuluhan serta pembinaan terhadap berbagai pihak supaya tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Karena karhutla dampaknya sudah mengganggu berbagai sendi kehidupan. Satgas mandiri juga bakal melakukan pembagian masker dan melakukan patroli bersama dengan masyarakat," sebut Mayor Jenderal Muhammad Nur Rahmad. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru