Farid Yusran Resmi Jabat Ketua DPRD Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 23 September 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Politisi PDIP yang juga mantan bupati Barito Selatan Farid Yusran resmi menjabat sebagai ketua DPRD Barsel periode 2019 - 2024.

Sementara itu, Wakil Ketua I dijabat Moch Yusuf atau lebih dikenal dengan sebutan Yusuf Kalem dari Partai Golkar, dan Wakil Ketua II  Enung Irawati dari PKB.  

Pengambilan sumpah janji atau pelantikan tiga unsur pimpinan dewan tersebut dilakukan oleh ketua Pengadilan Negeri Buntok, Senin, 23 September 2019.

Farid Yusran seusai pelantikan, mengatakan bahwa prosesi pelantikan dirinya dan dua wakil ketua dewan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPRD serta Undang-Undangan Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dengan telah dilaksanakannya pengambilan sumpah janji, maka DPRD Barsel telah memiliki pimpinan definitif yang siap melaksanakan tri fungsi dewan, yakni pengawasan, legislasi, dan fungsi anggaran,” kata Farid Yusran.

Namun, lanjut dia, pihaknya terlebih dahulu menyiapkan alat kelengkapan dewan seperti, Bapemperda, Komisi, Badan Anggaran, Banmus, dan Badan Kehormatan.

Ia menjelaskan, prioritas pihaknya dalam jangka pendek yakni mempersiapkan terbentuknya alat kelengkapan dewan, melanjutkan penyelesaian RAPBD perubahan 2019yang tidak smpat dislsaikan oleh anggtota terdahulu.

Serta melakukan pembekalan dan bimtek seluruh anggota DPRD. Sehingga dapat bekerja dengan baik dan benar dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dan mempersiapkan penyelesaian KUA/PPAS dan RAPBD 2020.

Di tempat yang sama, Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua dan wakil ketua DPRD definitif. Semoga menjadi ketua yang amanah dan selalu bersinergi dengan pemkab.

“Kami ingin agar APBD-P 2019 bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Karena ini merupakan tanggung jawab bersama agar mampu bersama-sama membangun Barsel ke arah lebih baik lagi,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru