Putra Pedalaman Kotim Dipercaya Jadi Wakil Menteri

  • Oleh Naco
  • 25 Oktober 2019 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini tengah berbangga. Pasalnya putra Dayak dari Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotim dipercayakan Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri.

Dia adalah Alue Dohong, yang saat ini menjabat sebagai Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut. Alue adalah adik kandung Diyu T Dohong mantan anggota DPRD Kotim.

Alue Dohong salah satu pejabat yang Jumat, 25 Oktober 2019 datang ke Istana Negara dipanggil Joko Widodo sebagai Wakil Menteri. Alue Dohong disebut-sebut sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kita bangga ada putra daerah yang dipercayakan jadi Wamen. Beliau asli putra Mentaya, di Antang Kalang," kata Tokoh Masyarakat Kalteng, Tunjang Johanis.

Dengan dipercayakannya Alue Dohong sebagai Wamen ini tentunya sebagai pioner utus Dayak karena selama ini dia dikenal putra daerah yang tidak pernah meninggalkan jati dirinya sebagai orang Dayak.

"Saya bangga dengan beliau dan saya tahu track record-nya selama ini, hubungan saya dan beliau sangat baik, beliau adalah putra daerah kita yang pernah mengenyam pendidikan di Australia," kata Tunjang Johanis.

Selain itu, Alue Dohong juga selama ini sering bolak balik ke Jakarta dan kediaman di Palangka Raya. "Bahkan saat bertemu beliau selalu bicara menggunakan bahasa Dayak itu yang kita bangga dengan beliau," tegasnya.

Sementara Tuah Daniel rekan SMP Alue Dohong mengaku bangga rekannya bisa menjabat Wamen.

"Beliau sama dengan saya lulusan SMP Katolik tahun 1979. Asli Putra Daerah Antang Kalang, adik Pak Diyu," kata Tuah Daniel.

Menurut Tuah Daniel awal karier Alue Dohong adalah sebagai dosen kemudian merintis karier sebagai staf presiden di bidang lingkungan hidup hingga dipercayakan jadi Wamen. (NACO/B-2)

Berita Terbaru