Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Isu Utama Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional Harus Diselesaikan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 November 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019, ada dua isu utama yang harus diselesaikan yakni stunting dan jaminan kesehatan nasional (JKN). Demikian disampaikan Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, Senin, 18 November 2019.

"Kedua isu utama tersebut telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, saya berterima kasih kepada tim penanganan stunting" kata Ampera.

Menurutnya, dari delapan tahapan pelaksanaan konvergensi, Barito Timur sudah sampai pada tahapan kelima, dan pada Desember 2019 sudah selesai sampai tahapan ke delapan.

"Saat ini Barito Timur mendapat penilaian terbaik pertama se Kalimantan Tengah. Sedangkan JKN telah dilaksanakan sepenuhnya," imbuh Ampera.

Peningkatan pemanfaatan JKN membuktikan bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

"Untuk itu mari kita mencari solusi bagaimana cara mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang adil dan merata," lanjutnya.

Ampera menerangkan, mulai tahun 2020, BPJS akan menaikkan iuran BPJS yang menyebabkan beban keuangan daerah akan semakin berat, karena itu perlu dilakukan optimalisasi layananan kesehatan untuk efisiensi tindakan-tindakan kesehatan yang mahal. (BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru