Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gracia Billy, Si Penjual Kue Kini jadi Staf Khusus Presiden

  • Oleh Inilah.com
  • 22 November 2019 - 06:10 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk sosok milenial asal tanah Papua, Gracia Billy Yosaphat Membrasar, menjadi salah satu staf khususnya.

"Billy adalah putra tanah Papua, lulusan ANU (Australian National University) dan sekarang, sebentar lagi, selesai di Oxford. Oktober akan masuk ke Harvard untuk S3-nya," ujar Presiden di beranda Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

"Billy adalah talenta hebat tanah Papua yang kita harapkan ke depan berkontribusi dengan gagasan positif," lanjutnya.

Siapa sebenarnya Billy Papua Billy lahir di Serui, Kepulauan Yapen, Papua. Ia lahir dari keluarga kurang mampu. Sang ayah berprofesi sebagai guru, sedangkan sang ibu membantu ekonomi keluarga dengan menjual kue. Tak jarang, Billy kecil ikut membantu sang ibu.

"Subuh ibu bikin kue, paginya ibu pergi ke pasar jualan. Kami ke sekolah sambil bawa kue untuk dijual," kenang Billy, dilansir dari Antara.

Rumah Billy kecil tak dialiri listrik. Pelita pun jadi teman ketekunan Billy melahap buku-buku pelajaran. Meski begitu, keterbatasan tidak membuat Billy jatuh. Ia tetap belajar dengan tekun dan buahnya mulai terlihat ketika ia lulus SMP.

Billy mendapatkan beasiswa menempuh pendidikan SMA di Jayapura dari Pemerintah Provinsi Papua. Saat itu, hanya lulusan terbaik dari sembilan kabupaten yang mendapat beasiswa favorit di kota. Billy Papua adalah salah satunya.

Kemampuan akademisnya membawa Billy kembali mendapat beasiswa afirmasi dari pemerintah. Ia diterima di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB.

Hobi menyanyi Billy semasa kecil dilakoninya kembali demi menutup biaya hidup. Ia benyanyi di mana saja. Di acara pernikahan, di kafe, bahkan mengamen di jalan-jalan. Billy pernah diundang untuk magang oleh Pemerintah Amerika Serikat dan berbicara di depan State Department AS. Dalam kunjungannya ke Gedung Putih, Billy bertemu dan berjabat tangan dengan Barrack Obama.

Setelah lulus kuliah, Billy mendapatkan pekerjaan bergengsi di salah satu perusahaan minyak dan gas asal Inggris. Namun, hatinya gelisah. Gajinya yang fantastis tidak membuat Billy bahagia. Setelah berpikir panjang, ia meninggalkan segala gengsi yang diraih.

Berita Terbaru