Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Mudah Deteksi Dini HIV/AIDS

  • Oleh Teras.id
  • 22 November 2019 - 13:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta HIV/AIDS adalah salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti masyarakat. Penyebabnya rendahnya angka kesembuhan dan risiko penyebaran yang mudah mengintai.

Sebagai bentuk pencegahan, melakukan deteksi dini disarankan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Hanny Nilasari. Beberapa hal pun bisa dilakukan agar bisa segera mendapat pertolongan. Salah satunya itu termasuk introspeksi diri.

Hanny mengatakan bahwa setiap orang harus merefleksikan apakah ia memang memiliki risiko tinggi terhadap HIV/AIDS atau tidak. Misalnya, apakah suka bergonta-ganti pasangan atau sering menggunakan barang pribadi secara bersama-sama.

“Kalau sudah begitu, pasti risiko HIV/AIDS-nya besar. Jadi, Anda bisa langsung melakukan pengecekan ke dokter,” ungkapnya.

Menyadari beberapa tanda juga harus diwaspadai. Beberapa gejala yang berhubungan dengan HIV/AIDS termasuk demam, ruam di kulit, sering berkeringat di malam hari, badan terasa sakit, mudah lelah, hingga luka yang tak kunjung sembuh.

“Jika Anda merasakan tanda-tanda itu, coba berpikir ke arah HIV/AIDS. Anda bisa langsung melakukan tes HIV untuk menegaskan diagnosisnya,” katanya.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru