Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Politik Penting Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Desember 2019 - 17:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pendidikan politik terhadap masyarakat tidak terkecuali kalangan pemula maupun pemuda di Provinsi Kalimantan Tengah dinilai sangat penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020.

“Salah satu tugas pemerintah provinsi untuk Pilkada adalah sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Ananto Setiawan dari Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalteng mewakili Sekda Fahrizal Fitri saat menghadiri pendidikan politik di SMAN 3 Palangka Raya, Senin, 16 Desember 2019.

Kegiatan pendidikan politik bertajuk saresahan Pilkada 2020, apa yang dicari itu digagas oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Kalteng.

“Sebagaimana kita ketahui 40 persen pemilih adalah millennial. Jadi kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan partisipasi,” ungkapnya.

Sementara itu Anggota KPU Kalteng Eko Wahyu Sulistiyobudi mengatakan berkaca dari hasil pemilu serentak 2019 tercatat ada 1.700.300 lebih pemilih dan 30 sampai dengan 40 persen di antaranya merupakan pemilih millenial. Di dalamnya adalah pemilih pemuda dan pemilih pemula.

“Tantangan 2020 bukan perkara mudah untuk bisa mencapai target 77,5 pemilih. Jadi, kami menyambut baik atas sosialisasi ini,” ucapnya.

“Tingkat partisipasi pemilih di Pilgub Kalteng 4 tahun lalu cuma 54,1 persen. Isu inilah yang diangkat untuk kemudian memberikan edukasi pendidikan politik. Kita berharap partisipasi meningkat dan target pemilih di 2020 bisa tercapai,” timpal Ketua Lakpesdam NU Kalteng, M Rozikin. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru