Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kotim Gratis

  • Oleh Reno
  • 18 Desember 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur diminta mengurus langsung administrasi kependudukan ke Dinas Dukcapil atau di lokasi pelayanan jemput bola.

Terkait itu, Dinas Dukcapil menegaskan tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan adminstrasi kependudukan alias gratis.

"Jika ada masyarakat yang mengeluarkan biaya dalam pengurusan KTP, KK, ataupun akta itu karena melalui calo. Kalau langsung ke kantor atau tempat pelayanan jemput bola yang kita laksanakan itu, semuanya gratis," kata Kabid Pengelolaan Informasi dan Kependudukan Dinas Dukcapil Kotim, Nur Cholifah, Rabu, 18 Desember 2019.

Menurutnya, petugas perekaman atau pegawai lainnya tidak ada memungut biaya penerbitan administrasi kependudukan. Kendati demikian, pihaknya selalu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Sejauh ini kalau memang ada warga yang belum dapat KTP secara fisik, itu memang blankonya belum datang. Semua didatangkan dari pusat, berapa yang sudah masuk perekaman data itu yang kita usulkan untuk dapat dicetak," jelasnya.

Ia mengharapkan agar masyarakat dapat bersabar apabila belum menerima KTP elektronik secara fisik. Apalagi, itu bukan hal yang disengaja. (RENO/B-11)

Berita Terbaru