Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Ingin Optimalkan Potensi Ekonomi Bendungan Tampa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Januari 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Desa Tampa Kecamatan Paku, Dubinata, ingin mengoptimalkan potensi ekonomi yang pada Bendungan Tampa yang berada di desa yang dipimpinnya.

Bendungan Tampa yang merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tersebut memiliki potensi perikanan maupun untuk dikelola sebagai obyek wisata air.

Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Perikanan menambah lagi bantuan keramba ikan untuk kelompok nelayan di Desa Tampa.

"Ada tiga kelompok nelayan di desa ini, yang dua kelompok tidak lama lagi sudah bisa panen," kata Dubinata saat ditemui di Bendungan Tampa. Rabu, 1 Januari 2020.

Untuk mengembangkan potensi wisata di bendungan tersebut, Dubinata mengaku sudah beberapa kali mengajukan usulan ke Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk mengembangkan wisata perahu dan itik namun hingga saat ini belum ada tanggapan.


"Bendungan ini cukup luas dan bagus untuk wisata perahu, karena itu kami berharap pemerintah provinsi maupun kabupaten bisa bekerjasama untuk mengembangkan kawasan ini dan menyerahkan kepada desa untuk mengelola. Nanti kewajiban yang harus kami setorkan ke pemerintah kabupaten maupun provinsi pasti akan kami lakukan," imbuh Dubinata.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Tampa Sepriadi menyampaikan rencana Karang Taruna desa tersebut untuk mengembangkan potensi wisata di Bendungan Tampa dan sekitarnya.

"Kami berencana tahun ini untuk mengembangkan wisata mancing dan yang lebih mudah kami akan menggunakan saluran sekunder dari bendungan dengan jarak tempuh sekitar 250 meter untuk arena permainan perahu dari ban dalam mobil," kata Sepriadi.

Dirinya juga berencana pada hari-hari libur besar untuk memanfaatkan sawah yang ada dekat bendungan untuk permainan sepak bola lumpur maupun perang guling.

Bendungan Tampa di Kecamatan Paku cukup mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan provinsi berada di antara Kota Tamiang Layang dan Kota Ampah. Jarak Bendungan Tampa dari Kota Tamiang Layang hanya 27 kilometer dan dari Kota Ampah 18 kilometer. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru