Pemprov Kalimantan Tengah Siapkan Rp 20 Miliar untuk Hadapi Ancaman Karhutla

  • Oleh Agus Priyono
  • 17 Januari 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebagai salah satu bentuk kesiapan menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di musim kemarau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan anggaran sebesar Rp 20 miliar tersebut sebagai dana tak terduga untuk penanganan karhutla, sekaligus membantu daerah yang terdampak.

"Kami dari provinsi sudah menyiapkan 20 miliar. Itu hanya dari provinsi saja. Tapi kalau dampak di daereah dirasa cukup besar pasti akan kami bantu," kata Sugianto Sabran, Jumat, 17 Januari 2020.

Dia menegaskan, setiap kabupaten/kota untuk tidak terlalu bergantung dalam penanggulangan bencana, khususnya karhutla baik kepada pemerintah pusat ataupun provinsi.

Ia berharap pemerintah kabupaten/kota bisa lebih berfokus pada APBD masing-masing. Dan memaksimalkan dana tidak terduga untuk menanggulangi bencana karhutla di wilayahnya.

"Fokus dulu pada APBD masing-masing. Kami minta kepada daerah yang dampak kebakarannya sangat terlihat seperti Palangka Raya atau Pulang Pisau maksimalkan Rp 5 miliar dana tidak terduga," tandasnya. (AGUS/ADV/B-11)

Berita Terbaru