Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikpora Gunung Mas: Kekurangan Guru SD dan SMP Perlu Perhatian Pemerintah

  • Oleh Hendra
  • 02 Maret 2020 - 15:51 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Kepala Bidang Pembina Ketenagaan Dinas pendidikan, Kepemudaan dan olahraga atau Disdikpora Kabupaten Gunung Mas, Wandra menyebutkan tenaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) perlu mendapat perhatian dari pemerintah. 

Hal ini diungkapkan Wandrea, karena tenaga pendidik untuk SD dan SMP di kabupaten bermotto Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau terdapat kekurangan guru pegawai negeri sipil atau PNS.

Dia mengatakan secara keseluruhan jumlah guru SD PNS saat ini sekitar 1.181 orang dan guru honor 472 orang, dari 178 unit SD. Sedangkan untuk guru PNS SMP berjumlah 397 orang dan guru honor 249 orang, dari 59 unit SMP. 

"Jadi kita masih kekurangan 149 orang guru SMP, dan 823 orang guru SD,” ucap Wandra,  Senin 2 Maret 2020.

Dia mengakui kekurangan ini karena penempatan guru yang tidak merata, serta adanya penumpukan guru di sejumlah sekolah di kecamatan yang tersebar di Kabupaten Gunung Mas. 

"Hal ini kami sudah sampaikan kepada bapak/ibu anggota DPRD yang terhormat terkait kekurangan guru SD dan SMP untuk diketahui," jelasnya. 

Dia berharap kekurangan tenaga pendidikan untuk SD dan SMP tersebut dapat terpenuhi dangan adanya perekrutan penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS. 

"Semoga melalui penerimaan CPNS tahun ini, kekurangan itu dapat di atasi, karena itu (kekurangan guru) berdampak pada kegiatan belajar mengajar dan dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Gunung Mas," tuturnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru