Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Corona, Harga Jahe Merah Tembus Rp 100 Ribu di Pasar Senen

  • Oleh Teras.id
  • 07 Maret 2020 - 11:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Harga jual jahe merah melonjak naik hingga Rp 100 ribu per kilogram (kg) di Pasar Senen, Jakarta Pusat, menyusul positifnya dua warga negara Indonesia terpapar virus Corona awal pekan ini, dan bertambah menjadi 4 kasus hari ini, Jumat 6 Maret 2020.

Pedagang sayur di Pasar Senen, Haerudin Mustafa, di Jakarta, Jumat, mengaku, sudah menjual empon-empon (bumbu dapur) dengan harga relatif tinggi karena banyaknya permintaan dari pembeli sedangkan pasokan dari Kramat Jati terbatas.

"Jahe merah Rp 100 ribu per kg, awalnya Rp 40 ribu, naik dari tiga hari lalu. Banyak yang beli, gak sesuai sama pasokan terus, katanya buat obat," kata Haerudin.

Temulawak pun dijual Haerudin dari harga normal Rp 20 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per kg.

Sejumlah pembeli mengaku kepada Haerudin bahwa empon-empon seperti jahe, temulawak dan lainnya bagus untuk menjaga kesehatan sehingga diharapkan bisa menangkal virus Corona.

Pedagang sayur lain, Veni Gunawan, mengatakan, bahwa empon-empon paling ramai dicari dan dia membatasi pembelian komoditas itu maksimal satu kg.

"Empon-empon tuh yang lagi rame-ramenya, biasanya pelanggan beli dari 0,5 - 1 kg," kata Veni.

Veni menjual jahe merah dengan harga relatif sedang meskipun ada kenaikan harga yakni Rp40 ribu per kg.

"Saya jual jahe merah Rp40 ribu per kg, naik Rp10 ribu," kata Veni sambil melayani pelanggan.

Pedagang lainnya, Agus Tami menambahkan, bahwa penjualan jahe merah di tempatnya laku habis hampir tiga hingga empat kg.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru