Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relokasi Pasar Ampah: Pedagang Diminta Tertib Bayar Retribusi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Maret 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dengan dibantu oleh Satpol PP, Dinas Perhubungan, Petugas Kebersihan UPT Pasar Ampah, relokasi pedagang Pasar Ampah berjalan dengan lancar. 

Kabid Pengelola Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur Edy Adwar menjelaskan, hingga hari ini sudah 70 persen pedagang yang direlokasi mulai berjualan.

"Sisanya masih mengisi kios-kiosnya atau mencari barang jualan, kita harapkan dalam beberapa hari ke depan semua pedagang sudah beraktivitas normal," kata Edy di Tamiang Layang, Minggu 15 Maret 2020.

Dia berpesan kepada pedagang yang telah menempati kios dan meja di pasar tersebut agar menjaga kebersihan, ketertiban pasar, membayar retribusi pasar tepat waktu serta mendukung program E-retribusi yang akan segera diterapkan di Pasar Ampah dan Pasar Tamiang Layang.

"Nanti tanggal 18-19 Maret kita mulai sosialisasi di Pasar Ampah, nanti setelah selesai di Pasar Ampah baru di Tamiang Layang. Langkah awal kita akan terapkan pada retribusi bulanan dulu, " ujar Edy.


Dia optimis penerapan E-Retribusi akan berjalan dengan baik sekalipun metode pembayaran retribusi seperti ini merupakan hal yang baru bagi sebagian besar pedagang di pasar.

"Ini kan berproses jadi kita bertahap mengerjakan untuk semua jenis pembayaran nanti, termasuk retribusi mingguan dan harian, mohon dukungan dari pedagang," tambah Edy.

Menurutnya dengan system pembayaran non tunai tersebut pasti lebih baik karena berdampak pada efisiensi tenaga, waktu dan biaya serta meminimalisasi kebocoran pungatan retribusi. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru