Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tito Sebut Rapid Test Corona akan Dibagikan ke Daerah

  • Oleh Tempo.co
  • 22 Maret 2020 - 07:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan alat tes cepat atau rapid test Corona yang telah didatangkan pemerintah pusat akan dibagikan ke daerah.

Tito mengatakan pemerintah pusat mengutamakan pembagian alat tersebut di daerah yang menjadi pusat penyebaran.

"Nanti rapid test dari pemerintah pusat akan dibagikan ke daerah untuk melakukan pemeriksaan dengan teknis tertentu," kata Tito lewat siaran pers pada Sabtu, 21 Maret 2020.

Distribusi alat tes cepat itu diharapkan membuat daerah terdampak bisa segera menggelar uji massal sehingga laju penyebaran virus bisa dibendung.

Namun sebelum alat pengetesan tersebut diterima, Tito mengatakan seluruh pihak tetap harus melakukan langkah-langkah antisipasi lainnya yang bertujuan menutup celah penyebaran virus.

"Perlu kebijakan-kebijakan dalam standardisasi yang sama, baik tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota," katanya.

Salah satu kegiatan pencegahan yang sangat penting dilakukan adalah edukasi kepada masyarakat. Warga perlu disadarkan dan mengetahui segala hal terkait dengan Covid-19.

Terutama tentang apa saja cara untuk mengantisipasi virus itu agar tidak tertular. Publik mesti diberi tahu tentang pentingnya proteksi diri dengan memperkuat kekebalan atau imun tubuh.

"Menjaga jangan sampai tertular itu adalah poin yang sangat penting, menjaga jangan sampai terjadi penularan satu sama lain ini bisa dilakukan secara perorangan. Setiap orang memiliki kesadaran, kemudian melakukan langkah-langkah memproteksi diri sendiri," katanya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru