Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Corona, Masyarakat Lamandau Diminta Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 April 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Selain harus waspada terhadap ancaman penyebaran virus corona atau covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lamandau mengingatkan agar masyarakat juga waspada terhadap adanya potensi bencana lain akibat cuaca ekstrem.

Beberapa potensi bencana yang harus diwaspadai bersamaan dengan cuaca eketrem yang terjadi adalah hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang dan petir.

Termasuk adanya potensi bencana ikutan seperti longsor, pohon tumbang bahkan ancaman banjir akibat luapan air sungai. Hal itu seperti diungkapkan Kepala BPBD Lamandau, Edison Dewel, Kamis 2 April 2020.

"Kondisi cuaca saat ini juga sangat perlu kita waspadai, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kecang dan petir masih sering terjadi," katanya.

Edison Dewel juga mengatakan, akibat tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini telah menyebabkan sejumlah wilayah terjadi banjir, seperti halnya beberapa titik di Desa Liku Mulya Sakti, kecamatan Bulik.

"Pekan lalu beberapa titik di Desa Liku Mulya Sakti tergenang banjir, bahkan beberapa akses darat dari dan menuju wilayah tersebut sempat terputus," katanya.

Dia berharap, masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi cuaca ektrim yang terjadi, terutama menyikapi dampak yang ditimbulkannya.

"Waspada ancaman hujan disertai petir, lakukakan upaya pencegahan dengan tidak menyalakan alat-alat elektronik seperti televisi dan sejenisnya, termasuk tidak bermain smartphone saat terjadi hujan yang disertai petir," ujarnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru