Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Terlalu Berharap PAD Kotim Capai Target

  • Oleh Naco
  • 23 April 2020 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Sampi - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur,  Agus Seruyantara  mengakui pendapatan asli daerah (PAD) Kotim tahun 2020 ini tentunya tidak bisa diharapkan lagi bisa terealisasi sesuai dengan target. 

Hal ini setelah beberapa kebijakan pemerintah daerah menghapus reteribusi guna mengurangi beban masyarakat. Bahkan dirinya sepakat retribusi kewajiban kepada warga sementara wabah ini harus di hapus dulu

"Di satu sisi dampaknya kepada PAD memang harus kita akui. Tetapi  apa mau dikata kondisinya memang sulit. Fokus kita saat ini adalah menyelamatkan manusianya,”kata Agus Seruyantara, Kamis, 23 April 2020.

Menurut Agus sumber pendapatan daerah Kotim itu mulai dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah. Namun sejak wabah  ini terjadi  tentunya akan ada penurunan drastis PAD. 

Menurutnya ini lantaran aktivitas ekonomi masyarakat, seperti banyaknya rumah makan, pusat perbelanjaan, hotel, losmen, parkir dan bidang lainnya yang tutup. 

"Tapi kita paham dan tidak menuntut itu tercapai dalam pembahasannya nanti karena kondisi ini diluar dugaan dan prediksi kita,” tandasnya.

Target PAD Kotim pada 2020 ini Rp270 miliar yang terdiri dari pajak daerah Rp75 miliar, retribusi daerah Rp20,28 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp13,39 miliar dan lain-lain PAD yang sah Rp161,31 miliar. (NACO/B-5)

Berita Terbaru