Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tenaga Psikolog Sampaikan Cabin Fever Bisa Dicegah Dengan Ini

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 April 2020 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tenaga Psikolog Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya, Kila Lavina menjelaskan bahwa gangguan Cabin Fever pada psikologis seseorang dapat diatasi bahkan dicegah dengan membawa "dunia luar" ke dalam rumah.

"Cabin Fever itu kan gangguan emosi atau perasaan sedih yang muncul akibat terlalu lama terisolasi atau terkurung di suatu tempat dalam kurun waktu yang lama. Artinya, ini bisa diatasi kalau kita bisa membawa dunia luar dalam tanda kutip ke dalam rumah," kata Kila kepada Borneonews pada Selasa, 28 April 2020.

Apa yang dimaksud dengan membawa dunia luar ke dalam rumah, menurut Kila adalah upaya menerapkan aktivitas yang bisa membawa suasana luar rumah menjadi dapat dirasakan di dalam lingkungan yang terisolasi.

"Membuka jendela untuk menghirup udara luar misalnya, itu salah satu contohnya. Lalu memberi makan hewan di luar rumah, seperti burung, kucing, atau anjing liar yang suka mampir ke halaman rumah kita, itu juga bisa," tutur Kila.

Kemudian aktivitas menanam bunga, lanjut Kila, akan bisa membawa wangi dunia luar ke dalam rumah juga. Lalu bercocok tanam di dalam pekarangan rumah.

"Jangan remehkan berbagai kegiatan sederhana. Sebab, kegiatan-kegiatan yang dulunya kita anggap biasa ini, di masa pandemi Covid-19 saat ini bisa mengobati perasaan rindu dunia luar akibat virus corona," terangnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru