Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ilmuwan Nvidia Bagikan Desain Ventilator Seharga Rp 6 Juta

  • Oleh Teras.id
  • 03 Mei 2020 - 12:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Ilmuwan Nvidia Bill Dally minggu ini telah merilis desain open source ventilator mekanik berbiaya murah dan mudah dirakit.

Ventilator yang dirancang hanya dalam beberapa minggu oleh Dally--yang selama ini berperan besar dalam produksi semikonduktor dan superkomputer di Nvidia-- dapat dibuat dengan cepat hanya dengan biaya 400 dolar (Rp 6 juta) saja.

Sebaliknya, ventilator tradisional bisa berharga lebih dari 20.000 dolar (Rp 300 juta), sementara dunia sekarang sangat membutuhkan alat itu untuk menolong pasien COVID-19.

"Saya berharap bahwa kita tidak membuat banyak orang sakit sehingga kita kehabisan ventilator," kata Dally, dikutip dari blog Nvidia, Minggu, 3 Mei 2020.

Dari pasien yang terinfeksi COVID-19, antara 0,3 persen hingga 0,6 persen mengalami sindrom gangguan pernapasan yang cukup parah sehingga membutuhkan ventilator mekanik, Dally menjelaskan.

Tujuan Dally berbagi desain ini adalah agar ventilator bisa diproduksi sesederhana mungkin dan berbiaya murah.

Ventilator rancangan Dally dibangun hanya dengan dua komponen kunci yang mudah didapat--katup solenoid proporsional dan mikrokontroler untuk mengatur aliran gas melalui katup ke pasien.

Dally memiliki lebih dari 120 paten. Dia memiliki tugas mengajar dan penelitian di Caltech, MIT dan Stanford, di mana dia memimpin departemen ilmu komputer.

Dia memimpin tim riset Nvidia sejak 2009. Ini mencakup lebih dari 200 ilmuwan dari seluruh dunia yang fokus pada bidang-bidang seperti AI, visi komputer, mobil swakemudi, robot, dan grafik.

Dally mulai mengeksplorasi bagaimana memberikan kontribusi setelah CEO Nvidia Jensen Huang meminta para pemimpin perusahaan untuk mencari cara untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.

Berita Terbaru