21 Tenaga Kesehatan Terlibat Pengambilan Sampel Swab Massal di RSUD Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Juni 2020 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebanyak 21 tenaga kesehatan (nakes) terlibat langsung dalam proses pengambilan sampel swab massal di RSUD Lamandau, Jumat 5 Juni 2020.

"21 tenaga kesehatan itu gabungan dari Dinkes dan RSUD Lamandau," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau yang juga Bupati Hendra Lesmana, Jumat, 5 Juni 2020 sore. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, tenaga kesehatan yang terlibat dalam proses pengambilan sampel swab massal itu semuanya mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Mulai dari hazmat, face shield hingga hand glove (sarung tangan bedah).

Ada110 orang dijadwalkan mengikiti swab test massal bertempat di Halaman Belakang RSUD Lamandau Jumat 5 Juni 2020 hari ini. Swab test massal itu dimulai pukul 15.00 WIB. 

Peserta tes swab, pasien yang positif Covid-19, warga berstatus Pasien Dengan Pengawasan (PDP), serta orang-orang yang berdasarkn hasil tracing diduga kuat memiliki riwayat kontak langsung dengan warga yang saat ini berstatus pasien positif covid-19.

"Pengambilan sampel swab massal yang digelar hari ini kita fokuskan untuk 110 orang, meliputi semua pasien positif, PDP, serta semua orang yang memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif dari semua klaster," kata Hendra. 

Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Lamandau saat ini berjumlah sebanyak 11 orang, meliputi kasus positif Covid-19 nomor 04 hingga nomor 14. Adapun 3 pasien yakni nomor 01, 02, dan 03 telah dinyatakan sembuh. 

Hendra Lesmana juga menyebut, swab test massal yang dilakukam sebagai upaya untuk mengetahui kondisi terkini tentang pasien positif Covid-19 yang selama ini menjalani perwatan dan isolasi. Nantinya, sampel swab yang diambil akan diuji di laboratorium RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru