Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng Ajak Warga Jaga Kelestarian Cagar Budaya Rumah Betang Bintang Patendu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Juni 2020 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengajak warga menjaga kelestarian cagar budaya Rumah Betang Bintang Patendu, Desa Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan.

Kapolda mengatakan cagar budaya Rumah Betang ini masih sangat asli dengan semua barang-barang peninggalan adat budaya Dayak.

"Sehingga kita perlu menjaga kelestarian cagar budaya ini," katanya saat mengunjungi cagar budaya itu, Sabtu, 13 Juni 2020 sore.

Dia menambahkan, dalam Huma Betang ini juga diajarkan filosofi Pancasila. Contohnya, meski penghuninya berbeda-beda tetapi bisa hidup rukun dan saling menghormati.

"Kita bisa belajar dari filosofi Huma Betang yang secara tidak langsung mengajarkan bagaimana hidup dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata dia.

Dalam kunjungannya itu, Kapolda Kalteng dan rombongan disambut dengan Tari Manasai, yaitu tarian selamat datang yang melambangkan kegembiraan masyarakat dalam menyambut tamu kehormatan. Dilanjutkan dengan mendudukkan tamu kehormatan di atas gong serta prosesi tampung tawar oleh tokoh adat Dayak dan pengalungan lilis. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru