Dukungan Data Penting Untuk Pemberlakuan New Normal

  • Oleh James Donny
  • 08 Juli 2020 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dukungan data terkait Covid-19 sangat penting dalam pemberlakuan new normal di Pulang Pisau. 

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau mengatakan itu terkait dengan era tatanan hidup baru di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Seperti yang dikatakan Presiden, new normal itu harus diberi. Tapi kita harus melihat data di lapangan, jangan sampai new normal ini kita berlakukan tidak dilengkapi data yang pada akhirnya menjadi kluster-kluster baru," katanya. 

Edy mengatakan, Kabupaten Pulang Pisau telah melakukan perpanjangan lagi untuk tanggap darurat Covid-19. "Kita lakukan perpanjangan, meski tren untuk penanganan Covid-19 berangsur rendah," sambung Edy. 

Bupati mengatakan, di Kabupaten Pulang Pisau ada kecamatan yang masuk dalam zona hijau yakni Kecamatan Sebangau Kuala dan Kecamatan Jabiren Raya. 

"Tim Gugus Tugas juga sudah mengevaluasi untuk melaksanakan new normal, dan kita sedang mengevaluasi untuk satu kecamatan yaitu Kecamatan Sebangau Kuala," tambahnya. 

Terkait pelaksanaan new normal di Kecamatan Sebangau Kuala tersebut menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo, bahwa Kecamatan Sebangau Kuala sejak awal pandemi sampai saat ini wilayah tersebut tidak ada pasien positif Covid-19. 

"Jadi untuk pemberlakuan new normal sudah masuk dalam kriteria," katanya.

Demikian juga dari segi pencegahan wilayah Sebangau Kuala juga cukup baik. "Penerapan new normal ini pola pencegahannya harus dilakukan masif mulai dari rumah, sekolah, pasar, kantor, tempat pelayanan atau tempat fasilitas umum lainnya," ujar Muliyanto. (JAMES DONNY/m) 


TAGS:

Berita Terbaru