Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kisah Park Won-soon Wali Kota Seoul yang Dijagokan Jadi Presiden

  • Oleh Teras.id
  • 10 Juli 2020 - 18:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Park Won-soon, 64 tahun menjadi orang nomor satu di Seoul, ibu kota Korea Selatan sejak tahun 2011 dan bertahan hingga saat ini.

Mengikuti pemilihan wali kota Seoul pertama kali tahun 2011, Park kemudian memenangkan pemilihan berturut-turut di tahun 2014 dan 2018.

Jabatan wali kota Seoul merupakan jabatan bergengsi yang akan membawanya untuk mengikuti pemilihan presiden Korea Selatan pada tahun 2022.

Park sama halnya dengan Presiden Moon Jae-in, berlatar belakang pengacara, aktivis demokrasi dan HAM. Keduanya juga didukung partai Demokrat yang saat ini berkuasa di parlemen Korea Selatan.

Park lahir 26 Maret tahun 1956 di satu kota Changnyeong-gun, provinsi Gyeongsang selatan.

Dia mengawali karirnya sebagai penuntut dan kemudian menjadi Sekretaris Jenderal di LSM People's Solidarity for Participatory Democratization selama beberapa tahun lamanya.

Park kemudian maju dalam pemilihan wali kota Seoul tahun 2011. Dia meraih kemenangan besar mengalahkan calon yang diusung partai berkuasa saat itu.

Park saat itu tidak punya ketergantungan dengan satu partai politiknya dan tidak punya pengalaman berpolitik praktis.

Park sebagai calon independen melakukan aliansi dengan partai-partai oposisi dalam pemilihan wali kota Seoul.

Kemenangan Park mengejutkan para politisi. Adapun pengamat memandang kemenangan Park sebagai sinyal rakyat Korea Selatan sudah lelah dengan politik tradisional saat itu.

Park fokus pada proyek-proyek mensejahterakan kota Seoul.

Keberhasilan ini membawa dia menang lagi dalam pemilihan wali kota Seoul tahun 2014 dan 2018.

Park menjadi simbol reformasi kota berpenduduk 10 juta jiwa tahun 2019.

Park menjadi orang nomor satu di Seoul, ibu kota Korea Selatan sejak tahun 2011 dan bertahan hingga saat ini. Mengikuti pemilihan wali kota Seoul pertama kali tahun 2011, Park kemudian memenangkan pemilihan berturut-turut di tahun 2014 dan 2018.

Jabatan wali kota Seoul merupakan jabatan bergengsi yang akan membawanya untuk mengikuti pemilihan presiden Korea Selatan pada tahun 2022.

Berita Terbaru