Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Tetap RI untuk PBB: GAPKI Perlu Lakukan Kontra untuk Lawan Kampanye Hitam Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Juli 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kampanye hitam terhadap komoditas sawit tidak pernah berhenti. Upaya seperti "palm oil free" label di produk makanan atau seruan aktivis lingkungan yang menganggap perkebunan sawit sebagai alasan degradasi hutan dan sebagainya.

Duta Besar Hasan Kleib, Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Organisasi Perdagangan Dunia dan Organisasi Lainnya di Jenewa, Swiss, beranggapan bahwa Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI perlu mengkaunter atau melakukan kontra terhadap kampanye-kampanye seperti ini.

"Di Spanyol juga lagi rame tentang kampanye palm oil free ini. Saya rasa GAPKI harus bergerak dan memberikan kounter terhadap kampanye-kampanye seperti ini," kata Hasan Kleib pada Rabu, 15 Juli 2020.

Hal ini disampaikan Hasan saat menjadi Keynote Speaker dalam Talkshow dengan tema Palm Oil and Neo-Colonialism Agenda melalui aplikasi meeting Zoom yang dilaksanakan Indonesia Palm Oil atau INA Palm Oil.

Meski disarankan untuk melakukan kontra, GAPKI juga disarankannya untuk berbenah dari dalam.

"Tapi kita perlu berbenah diri, karena baru 31 persen perusahaan sawit yang tersertifikasi ISO, regenerasi juga perlu dilakukan lebih cepat, dan mendorong kesejahteraan petani sawit serta kalau bisa dilabeling palm oil seperti clean dan sebagainya," sarannya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru