Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ahok: Siapapun yang Korup di Pertamina, Hati-hati

  • Oleh Teras.id
  • 04 Agustus 2020 - 11:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meminta pejabat maupun pegawai di lingkungan perusahaan minyak negara itu tidak terlibat tindak pidana korupsi. Sebab, saat ini Pertamina telah menjalin nota kesepahaman dengan KPK dan PPATK untuk mengawasi kinerja perseroan.

“Siapa pun yang korup di Pertamina, hati-hati Anda nikmati, kami akan lacak Anda dengan PPATK,” tutur Ahok dalam tayangan YouTube Pertamina, Ahad, 2 Agustus 2020.

Ahok menjelaskan, saat ini lembaga antirasuah berhak meminta data apa pun kepada perseroan. Ia ingin perusahaan pelat merah itu menjadi entitas yang terbuka. Dia pun menjamin tidak ada rahasia yang ditutup-tutupi oleh perusahaan.

“Semua terbuka. Yang penting insan Pertamina harus yakin dengan Pertamina, harus memiliki Pertamina,” ujar Ahok.

Dalam wawancara bersama Majalah Tempo pada Februari lalu, Ahok menceritakan bahwa dia ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengawasi perusahaan pelat merah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diharapkan bisa membantu mengawasi, baik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Perusahaan Umum Bulog, di Pertamina, maupun di PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).


Dua perusahaan terakhir, yang jika ditotal menguasai 28 persen aset BUMN, paling menarik bagi Ahok. "Aku bilang, kalau dua-duanya saya enggak sanggup, Pak. Saya enggak sanggup pegang dua," kata Ahok.

Ia lalu memilih Pertamina. "Terus gue bilang, kalau oke gimana" ucap Ahok. Setelah ditetapkan sebagai komisaris perusahaan minyak negara, Ahok bukan hanya dibebani tugas di bidang pengawasan, melainkan juga mengurangi ketergantungan impor migas dan merealisasi target pembangunan kilang yang terbengkalai.

TERAS.ID

Berita Terbaru