Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur Harapkan Normalisasi Sungai Paku Segera Dilakukan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Agustus 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi berharap normalisasi Sungai Paku dapat segera dilakukan oleh pemerintah.

Dia menjelaskan, tujuan normalisasi yakni menjadikan kapasitas sungai tersebut mencukupi untuk menyalurkan air, terutama saat terjadi limpahan air karena curah hujan tinggi.

"Dengan normalisasi, luapan air tidak menggenangi sawah dan merusak tanaman padi petani," kata Riza saat meninjau pembangunan embung di Desa Paku Beto, Kecamatan Paku, Rabu, 26 Agustus 2020.

Menurutnya, normalisasi dapat dilakukan dengan menambah lebar sungai maupun mengembalikan kedalaman sungai yang telah mengalami sedimentasi atau pendangkalan.

"Kalau sudah dilakukan normalisasi sungai nanti, maka tidak akan terjadi luapan air hingga ke embung ini serta tanaman padi petani juga tidak akan rusak oleh banjir," imbuh Riza.

Diketahui, Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur membangun embung pertanian yang dilengkapi rumah pompa di Desa Paku Beto. Anggaran pembangunan bersumber dari dana alokasi khusus atau DAK penugasan bidang pertanian tahun anggaran 2020.

Selain di Desa Paku Beto, juga dibangun embung dengan kapasitas yang sama di Desa Bagok, Patung dan Kelurahan Ampah Kota. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru