Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kalteng Imbau Jemaah Haji dan Umrah Bersabar

  • Oleh Budi Yulianto
  • 29 September 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pandemi Covid-19 belum diketahui kapan berakhir. Penyebaran virus corona ini berdampak besar pada sendi-sendi kehidupan tidak terkecuali berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Kepala Bidang Pelayanan Haji dan Umrah, H Mohammad Asbli mengimbau jemaah untuk bersabar. Sebab, penundaan keberangkatan haji maupun umrah menyangkut kesehatan banyak orang.

“Kita imbau jemaah supaya bersabar karena keputusan ini keputusan dari kementerian agama dan menyangkut kesehatan,” katanya seusai kegiatan ‘Jamarah’ atau Jagong Masalah Umrah dan Haji di salah satu hotel di Kota Palangka Raya, Selasa, 29 September 2020.

“Intinya harus bersabar karena orang mau berangkat ya harus bersabar walau bagaimanapun ujiannya. Ini juga termasuk bagian dari ujian,” ungkapnya didampingi Ketua Panitia Kegiatan Jamarah yang juga Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, H Bahrani.

Mohammad Asbli menegaskan, pihaknya masih tetap menunggu kepastian dari pemerintah pusat walaupun ada kabar bahwa pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan umrah.  

Yakni mengizinkan jemaah dalam negeri untuk melakukan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 dan 1 November 2020 bagi jemaah dari luar negeri. Namun jumlahnya dibatasi karena sebagai langkah pencegahan penularan virus corona.

Sambil menunggu dari pemerintah pusat, dia menyarankan para jemaah yang ada di kabupaten dan kota di Kalteng memantapkan kesiapan, salah satunya terkait manasik.

“Untuk memantapkan jemaah, biasanya diadakan pra-manasik. Nah ini perlu dipelajari untuk mengetahui manasik. Sehingga ketika pelaksanaan haji, bisa memahami apa tujuan dari haji itu,” pesannya. (BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru