Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Pangan Agroforestri Jawaban Untuk Petani di Luar Lokasi Food Estate

  • Oleh James Donny
  • 05 Oktober 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Program agroforestri dari Pemerintah Pusat menjadi jawaban untuk petani yang ada di luar lokasi food estate, khususnya petani yang bergerak pada perhutanan sosial.

"Ini membawa petani kita yang berada di luar food estate untuk mengembangkan lumbung pangan, dan juga untuk mendukung  perekonomian petani," kata Asisten II Sekretariat Daerah Pulang Pisau, Hanafi. 

Menurutnya pengembangan pangan agroforestri ini tidak lepas juga dari food estate, karena sama-sama untuk mendukung ketahanan pangan nasional. "Ini sesuai dengan harapan masyarakat juga. Artinya, ada kaitannya dengan food estate dan memberikan keuntungan bagi petani untuk meningkatkan ekonominya," ujar mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pulang Pisau ini. 

Program pengembangan pangan agroforestri ini menurutnya tidak jauh berbeda pengembangannya dengan food estate, karena di situ ada juga peternakan, perikanan.

"Agroforestri ini sifatnya tumpang sari, ada tanaman kehutanan, palawija dan lainnya," terang Hanafi. 

Dengan ada konsep penggabungan tersebut, masyarakat menurutnya akan lebih diberdayakan dan dapat mengembangkan potensi di wilayahnya. "Program ini sangat mendukung perekonomian masyarakat yang mendapatkan bantuan agroforestri ini," tuturnya. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru