Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Palangka Raya Gratiskan 500 Sambungan Air Bersih

  • Oleh Rokim
  • 12 Oktober 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya. Upaya ini diimplementasikan melalui sambungan air bersih dalam program hibah Sambungan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (SR-MBR).

Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono mengatakan tahun depan Pemko Palangka Raya dapat dana hibah Rp 1,5 miliar dari Kementerian PUPR. Dana ini untuk melakukan sambungan air bersih sebanyak 550 sambungan.

Sambungan jaringan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah iini tersebar diseluruh wilayah Kota Cantik tanpa terkecuali, namun dengan catatan daerah tersebut memiliki jalur perpipaan PDAM.

"Bahkan pada September 2020 di Kecamatan Bukit Batu sudah tersambung 85 unit. Selain dapat dana hibah, Pemko juga dapat dana alokasi khusus (DAK) berupa jaringan perpipaan baru dan 200 sambungan rumah yang baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Khusus pengelolaan bantuan dari dana DAK, menjadi ranah Dinas PUPR Kota Palangka Raya. Kita akan membantu. Totalnya pada 2021 akan ada 750 bantuan instalasi air gratis bagi mereka yang berpenghasilan rendah," sebutnya, Senin 12 Oktober 2020.

Budi mengatakan syarat untuk mendapatkan program SR-MBR yakni berpenghasilan rendah dan bukan PNS, rumah sederhana dan bukan milik pemerintah, daya listrik 1.300 VA, dan diprioritaskan pada daerah yang telah memiliki jalur jaringan PDAM. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru