Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Bulan Vakum, Sanggar Seni di Barito Timur Mulai Beradaptasi dengan Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Oktober 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia sempat membuat berbagai aktivitas masyarakat sempat terhenti selama beberapa bulan, begitu juga dengan Sanggar Seni Komandan yang ada di Kelurahan Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur.

Namun sanggar yang kini memiliki anggota aktif sekitar 80 orang ini mulai mencoba membuka kembali kegiatan latihan tari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, penutup wajah serta menjaga jarak.

"Baru hari ini kami mulai kembali latihan, makanya belum banyak anak-anak didik yang tahu," ungkap pendiri sekaligus pengasuh Sanggar Komandan, Alfirdaus, Kamis, 15 Oktober 2020.

Menurut dia, Sanggar Komandan yang didirikan bersama Debbi Leriantoni pada tahun 2008 dan merupakan akronim dari Komunitas Anak Dayak Maanyan tersebut bukan hanya berfungsi sebagai sanggar seni atau tari, namun juga menjadi wadah untuk melestarikan adat dan budaya Dayak Maanyan termasuk bahasa mangunraun.

"Bahasa Mangunraun itu adalah tingkatan bahasa yang lebih halus dari bahasa Maanyan, kami mengajarkan dalam bentuk sastra lisan yang dipadukan dengan tarian," ujarnya.


Selain itu, saat ini Sanggar Komandan juga mulai membuat beberapa buah proyek lagu bertema kehidupan modern saat ini namun dengan syair menggunakan bahasa Mangunraun.

Menurut pria yang akrab dipanggil Daus ini, cara seperti itu lebih efektif dalam upaya melestarikan bahasa Mangunraun.

Meski kini sanggar sudah dapat beraktivitas kembali dan mulai menerima pesanan jasa tari  dengan protokol kesehatan, namun dia tetap berharap pandemi ini segera berakhir.

Dia beralasan kondisi seperti sekarang membuat pengelola sanggar maupun anak-anak binaannya ekstra hati-hati pada resiko penyebaran covid-19.

"Kalau sudah berakhir, orang-orang yang ingin menggunakan jasa tari dari sanggar kami tidak ragu-ragu lagi," ungkapnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru