Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luapan Limbah Sawit Harus Diantisipasi

  • Oleh Naco
  • 18 Oktober 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Intensitas hujan di Kabupaten Kotawaringin Timur sejak beberapa hari terakhir terpantau cukup tinggi. Kondisi itu bisa mengakibatkan luapan limbah sawit di perusahaan.

Terkait itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kotim Juliansyah mengingatkan agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim aktif mengawasi pabrik-pabrik pengolahan kelapa sawit. Terlebih lagi di saat tingginya intensitas hujan seperti sekarang.

"Karena dikhawatirkan akan menyebabkan meluapnya limbah sawit dari kolam penampungan. Itu bisa merusak ekosistem lingkungan sekitar pabrik kelapa sawit (PKS)," kata Juliansyah, Minggu, 18 Oktober 2020.

Dia mengatakan, di musim seperti ini harus benar-benar diperhatikan limbah pabrik dari CPO. Karena sangat rawan meluap.

Politikus Gerindra ini menyebutkan, jika limbah meluap maka hal itu bisa membuat ekosistem lingkungan tercemar, seperti sungai. Dan kondisi ini memang kerap terjadi di Kotim.

Menurutnya, meski sampai saat ini belum ditemukan pencemaran sungai, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga agar hal itu tidak terjadi.

"Bila ada ditemukan maka yang bersangkutan bisa diberi sanksi pidana," tandasnya.

Untuk itu bagi perusahaan kelapa sawit harus mengelola limbahnya sesuai dengan standar agar tidak merusak lingkungan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru